RAM (Random Access Memory)

Belum tahu apa itu RAM (Random Access Memory)? Ketahui semua informasi tentang RAM (Random Access Memory) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Oleh: Rendy Andriyanto
RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory). Gambar ini dibuat oleh Bing AI Image Creator

Definisi RAM (Random Access Memory)

Menurut William Stallings, penulis buku “Computer Organization and Architecture”, RAM adalah “tempat penyimpanan data komputer yang memungkinkan data untuk diakses dalam waktu yang sama tanpa memperhatikan lokasi fisik data di dalam memori”.

Sedangkan menurut Andrew S. Tanenbaum, penulis “Modern Operating Systems”, RAM adalah “jenis memori yang data dan instruksinya dapat dibaca dan ditulis oleh CPU dalam waktu yang sama”.

Pengertian RAM

RAM atau Random Access Memory adalah jenis memori komputer yang dapat diakses secara acak oleh software, sistem operasi, aplikasi, dan perangkat keras lainnya dalam sistem komputer. Dalam kata lain, RAM adalah hardware tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan data yang sedang digunakan atau diproses.

Fungsi RAM

Fungsi utama RAM adalah menyimpan data yang sedang digunakan atau diproses oleh sistem komputer. Data ini bisa berupa informasi dari aplikasi yang sedang berjalan, file yang sedang dibuka, atau perintah sistem operasi.

Komponen/Struktur RAM

RAM terdiri dari beberapa komponen, termasuk:

  • Cell: Cell adalah unit penyimpanan terkecil di RAM. Setiap cell memiliki alamat unik dan mampu menyimpan satu bit data.
  • Wordline: Wordline adalah jalur yang menghubungkan semua cell dalam satu baris.
  • Bitline: Bitline adalah jalur yang menghubungkan semua cell dalam satu kolom.
  • Decoder: Decoder digunakan untuk menentukan alamat cell yang akan diakses.
  • Sense Amplifier: Sense Amplifier digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke cell.

Tipe-Tipe RAM

Ada beberapa tipe RAM, termasuk:

  • DRAM (Dynamic RAM): DRAM harus disegarkan secara berkala untuk mempertahankan data yang disimpannya.
  • SRAM (Static RAM): SRAM tidak perlu disegarkan seperti DRAM dan lebih cepat serta lebih handal, namun lebih mahal dan membutuhkan lebih banyak ruang.
  • SDRAM (Synchronous DRAM): SDRAM disinkronkan dengan bus komputer dan lebih cepat dibandingkan DRAM biasa.
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous DRAM): Versi lebih cepat dari SDRAM yang mampu melakukan dua transfer data per siklus clock.

Cara Kerja RAM

Ketika sistem operasi atau aplikasi membutuhkan data, CPU mengirimkan permintaan ke RAM. RAM kemudian mencari data yang diperlukan dan mengirimkannya kembali ke CPU.

RAM terpasang di motherboard dan bekerja dalam koordinasi yang erat dengan CPU (Central Processing Unit) komputer menjalankan sebuah algoritma. Cara kerja RAM sangat penting dalam mendukung kecepatan dan efisiensi sebuah komputer.

1. Memori dan CPU

Pertama, mari kita bahas bagaimana RAM berinteraksi dengan CPU. CPU adalah otak komputer, yang melakukan perhitungan dan menjalankan instruksi. Namun, CPU tidak bisa melakukan ini dengan efisiensi tanpa bantuan dari RAM.

Setiap kali kamu menjalankan aplikasi atau sistem operasi memerlukan data, CPU akan mengirimkan permintaan ke RAM. Permintaan ini berisi alamat memori yang menunjukkan di mana data yang diperlukan berada.

2. Akses ke Memori

RAM terdiri dari jutaan sel memori, yang masing-masing dapat diakses secara langsung dan dalam urutan apa pun (inilah sebabnya disebut “Random Access Memory”). Setiap sel memori memiliki alamat unik, yang ditentukan oleh baris dan kolom di mana sel itu berada.

Ketika CPU meminta data, kontroler memori dalam RAM memulai akses memori dengan mengaktifkan baris yang tepat (menggunakan garis kata atau ‘wordline’) dan kemudian mengaktifkan kolom yang tepat (menggunakan garis bit atau ‘bitline’). Ini memungkinkan kontroler memori untuk membaca data dari atau menulis data ke sel memori yang dipilih.

3. Penyegaran Memori

Untuk tipe RAM seperti DRAM, ada proses lain yang penting dalam cara kerja RAM, yaitu penyegaran. Sel memori dalam DRAM menyimpan bit data menggunakan kapasitor.

Kapasitor ini memiliki kecenderungan untuk kehilangan muatannya dari waktu ke waktu, yang dapat menyebabkan kehilangan data. Untuk mencegah ini, DRAM harus ‘disegarkan’ dengan memuat ulang kapasitor secara teratur.

4. Data ke CPU

Setelah data yang diperlukan diambil dari RAM, data tersebut dikirim kembali ke CPU melalui bus data. CPU kemudian dapat menggunakan data tersebut untuk menjalankan instruksi atau aplikasi.

Secara keseluruhan, cara kerja RAM sangat penting dalam menjaga kecepatan dan efisiensi sebuah sistem komputer. Tanpa RAM, CPU harus mengambil data langsung dari penyimpanan sekunder (seperti hard drive), yang akan memperlambat proses secara signifikan.

Perbedaan RAM dan ROM

Berbeda dengan RAM, ROM (Read-Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis. Data di ROM disimpan secara permanen dan tidak hilang ketika komputer dimatikan, berbeda dengan RAM yang merupakan memori volatile.

Mengingat pentingnya peran RAM dalam performa komputer, sangat penting bagi kita untuk memahami fungsi dan cara kerja RAM. Selain itu, memahami tipe dan kapasitas RAM yang sesuai dengan kebutuhan kita juga akan membantu dalam memilih komputer atau melakukan upgrade memori.

Kabar Terkait

Kamus IT -

Resistor

Belum tahu apa itu Resistor? Ketahui semua informasi tentang Resistor hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa itu Resistor
Kamus IT -

Refresh Rate

Belum tahu apa itu Refresh Rate? Ketahui semua informasi tentang Refresh Rate hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Refresh Rate
Kamus IT -

Roaming

Belum tahu apa itu Roaming? Ketahui semua informasi tentang Roaming hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Roaming
Kamus IT -

Ransomware

Belum tahu apa itu Ransomware? Ketahui semua informasi tentang Ransomware hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Ransomware
Kamus IT -

ROM (Read-Only Memory)

Belum tahu apa itu ROM (Read-Only Memory)? Ketahui semua informasi tentang ROM (Read-Only Memory) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

ROM (Read-Only Memory)