Screen Tearing

Belum tahu apa itu Screen Tearing? Ketahui semua informasi tentang Screen Tearing hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Oleh: Rendy Andriyanto
Mengenal Apa itu Screen Tearing

Pengertian Screen Tearing

Screen tearing merupakan fenomena yang sering terjadi pada tampilan layar, khususnya saat menampilkan adegan yang bergerak cepat seperti dalam permainan video atau film. Fenomena ini terjadi ketika ada ketidaksesuaian antara laju frame video yang ditampilkan dengan laju refresh rate layar.

Akibatnya, layar menampilkan informasi dari beberapa frame dalam satu kali gambaran, menciptakan efek robekan horizontal di layar. Screen tearing ini lebih terlihat pada visual yang bergerak horizontal, seperti pada gerakan kamera lambat dalam film atau video game dengan scrolling samping​​​​.

Penyebab Screen Tearing

Beberapa faktor yang menyebabkan screen tearing antara lain:

1. Ketidaksesuaian Laju Frame dengan Refresh Rate Monitor

Terjadi ketika GPU (graphics processing unit) menghasilkan frame dengan laju yang tidak sinkron dengan refresh rate monitor. Misalnya, jika GPU menghasilkan 90 frame per detik sedangkan monitor memiliki refresh rate 60Hz, beberapa frame dapat tertangkap di antara waktu refresh, menyebabkan screen tearing​​.

2. Keterbatasan Hardware

Jika kartu grafis tidak cukup kuat untuk menangani permainan atau video yang dijalankan, ini bisa menyebabkan laju frame tidak konsisten dan mengakibatkan screen tearing​​.

3. Pengaturan Video atau Game

Beberapa pengaturan pada game atau software pemutar video bisa berkontribusi terhadap screen tearing, seperti menjalankan game dalam mode layar penuh dengan resolusi yang lebih tinggi dari yang didukung monitor​​.

Cara Mengatasi Screen Tearing

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi screen tearing.

1. Menyelaraskan Refresh Rate Monitor dengan Laju Frame GPU

Salah satu solusi sederhana adalah memastikan bahwa refresh rate monitor sesuai dengan laju frame GPU, yang dapat diatur melalui opsi tampilan pada komputer atau software kontrol kartu grafis​​.

2. Mengaktifkan VSync, FreeSync, atau G-Sync

Teknologi seperti VSync (Vertical Synchronization) mencegah GPU mengirim frame baru sampai monitor siap menampilkannya. FreeSync dan G-Sync, yang dikembangkan oleh AMD dan Nvidia, menyesuaikan refresh rate monitor secara dinamis dengan laju frame GPU, tidak hanya mencegah screen tearing tapi juga mengurangi lag input dan stutter yang bisa terjadi saat menggunakan VSync​​​​.

3. Mengupgrade Hardware

Dalam beberapa kasus, screen tearing mungkin disebabkan oleh hardware yang usang atau lemah. Memperbarui ke kartu grafis yang lebih kuat atau monitor dengan refresh rate lebih tinggi dapat membantu menghilangkan screen tearing​​.

4. Tips Tambahan

Terkadang, solusinya bisa sesederhana mengatur ulang pengaturan game atau menggunakan software pemutar video yang berbeda untuk mengurangi screen tearing​​.

Screen tearing merupakan masalah yang dapat mengganggu pengalaman bermain game atau menonton video, namun dengan pemahaman yang tepat tentang penyebab dan solusinya, masalah ini dapat diatasi secara efektif.

Kabar Terkait

Kamus IT -

Server

Belum tahu apa itu Server? Ketahui semua informasi tentang Server hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa itu Server
Kamus IT -

SQL (Structured Query Language)

Belum tahu apa itu SQL (Structured Query Language)? Ketahui semua informasi tentang SQL (Structured Query Language) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa itu SQL
Kamus IT -

Software as a service (SaaS)

Belum tahu apa itu Software as a service (SaaS)? Ketahui semua informasi tentang Software as a service (SaaS) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa itu SaaS
Kamus IT -

SEO (Search Engine Optimization)

Belum tahu apa itu SEO (Search Engine Optimization)? Ketahui semua informasi tentang SEO (Search Engine Optimization) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa Itu SEO
Kamus IT -

Spyware

Belum tahu apa itu Spyware? Ketahui semua informasi tentang Spyware hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa itu Spyware