RFID (Radio Frequency Identification)

Belum tahu apa itu RFID (Radio Frequency Identification)? Ketahui semua informasi tentang RFID (Radio Frequency Identification) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Oleh: Rendy Andriyanto
RFID (Radio Frequency Identification)

RFID (Radio Frequency Identification). Gambar dibuat oleh Bing AI Image Creator

Definisi RFID (Radio Frequency Identification)

Roberti Mark, pendiri dan editor RFID Journal, mendefinisikan RFID sebagai “metode identifikasi unik untuk barang dan orang menggunakan gelombang radio.”.

Sedangkan Dr. Klaus Finkenzeller, penulis buku “RFID Handbook,” menggambarkan RFID sebagai “teknologi nirkabel menggunakan gelombang radio untuk transfer data dengan tujuan otomatis mengidentifikasi dan melacak tag yang melekat pada objek.”

Pengertian RFID

Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk mengidentifikasi dan melacak objek secara otomatis. Teknologi ini biasanya melibatkan sebuah tag RFID yang terpasang pada objek dan pembaca RFID yang dapat membaca informasi yang disimpan di tag tersebut.

Fungsi RFID

RFID memiliki berbagai fungsi, termasuk pelacakan inventaris, pengelolaan rantai pasokan, kontrol akses, dan pembayaran nirkabel. Tag RFID dapat ditempelkan pada hampir semua benda, termasuk produk, kartu, dan bahkan hewan atau orang, memungkinkan objek tersebut untuk ditelusuri dan dikelola secara efisien dan otomatis.

Cara Kerja RFID

RFID bekerja dengan menggunakan tag RFID yang terdiri dari microchip dan antena. Microchip menyimpan informasi tertentu tentang objek yang diberi tag, sementara antena memungkinkan tag tersebut untuk berkomunikasi dengan pembaca RFID melalui gelombang radio.

Ketika pembaca RFID mengirimkan sinyal radio ke tag, antena pada tag akan menangkap sinyal tersebut dan membangkitkan tenaga untuk mengoperasikan chip. Chip kemudian akan mengirimkan informasi yang tersimpan di dalamnya kembali ke pembaca melalui antena.

Contoh Penggunaan RFID

RFID digunakan di berbagai bidang, beberapa contohnya adalah:

  1. Manajemen Inventaris: Dalam bidang ritel, tag RFID digunakan untuk melacak produk dan inventaris secara real-time, meningkatkan efisiensi dan mengurangi kehilangan atau pencurian.
  2. Kontrol Akses: Kartu akses RFID digunakan untuk mengendalikan akses ke gedung atau area tertentu.
  3. Pembayaran Nirkabel: RFID digunakan dalam kartu kredit dan sistem pembayaran nirkabel lainnya, seperti sistem tagihan otomatis di jalan tol.
  4. Pelacakan Hewan: Tag RFID diimplantasikan pada hewan peliharaan atau satwa liar untuk membantu melacak dan mengidentifikasi mereka.

Sejarah dan Perkembangan RFID

RFID pertama kali dikembangkan selama Perang Dunia II sebagai teknologi identifikasi teman atau musuh dalam sistem radar. Namun, teknologi ini tidak banyak digunakan sampai tahun 1970-an, ketika tag RFID pasif, yang tidak memerlukan sumber daya sendiri dan lebih murah, mulai dikembangkan.

Sejak itu, RFID telah berkembang menjadi teknologi yang sangat penting dalam berbagai industri, dari ritel hingga logistik dan perawatan kesehatan.

Saat ini, dengan kemajuan dalam teknologi semikonduktor dan peningkatan efisiensi rantai pasokan, RFID terus menawarkan cara baru dan inovatif untuk melacak dan mengelola barang dan orang.

Kabar Terkait

Kamus IT -

Resistor

Belum tahu apa itu Resistor? Ketahui semua informasi tentang Resistor hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa itu Resistor
Kamus IT -

Refresh Rate

Belum tahu apa itu Refresh Rate? Ketahui semua informasi tentang Refresh Rate hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Refresh Rate
Kamus IT -

Roaming

Belum tahu apa itu Roaming? Ketahui semua informasi tentang Roaming hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Roaming
Kamus IT -

Ransomware

Belum tahu apa itu Ransomware? Ketahui semua informasi tentang Ransomware hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Ransomware
Kamus IT -

ROM (Read-Only Memory)

Belum tahu apa itu ROM (Read-Only Memory)? Ketahui semua informasi tentang ROM (Read-Only Memory) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

ROM (Read-Only Memory)