Instagram Uji Fitur Reels 10 Menit, Saingi TikTok dan YouTube

Instagram uji coba perpanjangan durasi Reels hingga 10 menit untuk bersaing dengan TikTok dan YouTube. Pelajari tentang bagaimana ini bisa mengubah cara kreator membuat konten

Oleh: Rendy Andriyanto
logo Instagram 3d

Daftar Isi

Maaf, konten ini tidak memiliki daftar isi

  1. Instagram sedang melakukan uji coba internal untuk meningkatkan durasi Reels dari tiga menit menjadi hingga 10 menit, langkah ini diambil untuk bersaing lebih efektif dengan TikTok dan YouTube yang telah memperkenalkan fitur serupa.
  2. Perubahan ini akan memberikan fleksibilitas lebih bagi kreator untuk membuat konten beragam seperti tutorial, konten edukasi, dan sketsa komedi tanpa harus membaginya menjadi beberapa bagian, yang sebelumnya menjadi masalah bagi penonton untuk menemukan video yang benar.
  3. Sementara Instagram dan TikTok berfokus pada konten berdurasi panjang, YouTube justru berupaya untuk lebih memeluk video berdurasi pendek dengan meluncurkan alat kreasi baru untuk Shorts dan feed video pendek ala TikTok yang disebut “Samples”.

Instagram sedang melakukan uji coba internal untuk meningkatkan durasi Reels hingga 10 menit, menurut konfirmasi perusahaan kepada TechCrunch. Hal ini menjadi langkah terbaru Instagram dalam upayanya untuk bersaing dengan TikTok, yang sebelumnya telah memperpanjang durasi video maksimalnya menjadi 10 menit pada Februari 2022.

Perluasan durasi ini akan memberikan lebih banyak waktu dan fleksibilitas bagi para kreator untuk membuat konten seperti demo memasak, tutorial kecantikan, konten edukasi, sketsa komedi, dan lainnya.

Meskipun para kreator sebelumnya bisa mengatasi batasan tiga menit dengan mendorong penonton untuk menonton bagian kedua dari seri, namun sulit untuk dengan cepat menemukan video yang benar. Perubahan ini akan menghilangkan masalah tersebut dan memudahkan penonton untuk menonton konten di platform.

Sementara Instagram dan TikTok berusaha untuk mendapatkan bagian dari pasar konten berdurasi panjang, YouTube sedang berusaha untuk lebih memeluk video berdurasi pendek. Bulan ini, perusahaan mengumumkan serangkaian alat kreasi baru untuk Shorts, dan dua minggu kemudian meluncurkan feed video pendek ala TikTok yang disebut “Samples”.

Kabar ini muncul seiring dengan peluncuran beberapa pembaruan lain oleh Instagram. Baru-baru ini, perusahaan menguji coba fitur baru yang memungkinkan kreator untuk berbagi komentar penggemar yang menonjol yang mereka terima di postingan dan Reels ke Stories mereka.

Pada awal bulan ini, Instagram juga meluncurkan kemampuan untuk pengguna menambahkan musik ke karusel foto mereka sebagai cara untuk menunjukkan selera musik mereka.

Selain itu, informasi dari leaker Alessandro Paluzzi menunjukkan dua halaman Reels yang berdampingan, satu untuk merekam selama tiga menit – standar saat ini untuk video berdurasi pendek – dan satu lagi untuk 10 menit.

Meta dan Instagram belum mengkonfirmasi rencana untuk memperpanjang Reels dan belum merespons permintaan komentar.

Peningkatan durasi Reels dari tiga menit menjadi 10 menit mendekatkannya dengan durasi banyak video YouTube, meskipun tidak terlalu jauh dari rival video berdurasi pendek TikTok, yang sudah menawarkan waktu lebih lama untuk merekam video.

TikTok telah memperkenalkan konten video lebih panjang hingga 10 menit untuk pengguna gratis dan tier berbayar terpisah hingga 20 menit agar penggemar bisa menonton lebih banyak kreator favorit mereka. Sementara itu, YouTube telah mendorong kreator untuk membuat konten berdurasi lebih pendek.

Instagram telah merevisi banyak fitur Reels untuk meningkatkan keterlibatan seiring dengan meningkatnya popularitas TikTok di ruang video berdurasi pendek. Banyak pembaruan tersebut semakin menyerupai TikTok karena Instagram telah menambahkan metode pengeditan baru dan template untuk menciptakan ulang konten viral.

Kabar Terkait