YouTube Music Tambah Fitur Komentar di Layar ‘Sedang Diputar’

YouTube Music merilis desain ulang layar 'Sedang Diputar' dengan penambahan bagian komentar, memudahkan akses tombol, dan perubahan UI kecil lainnya. Ketahui selengkapnya!

Oleh: Rendy Andriyanto
YouTube Music di tablet

Foto dari Alvaro Reyes di Unsplash

  1. YouTube Music melakukan desain ulang pada layar “Sedang Diputar” dengan menambahkan fitur komentar, memungkinkan pengguna untuk membaca dan menulis komentar langsung dari aplikasi, meningkatkan interaksi sosial.
  2. Pembaruan antarmuka pengguna juga mencakup perubahan kecil lainnya, seperti pemindahan tombol suka/tidak suka, simpan, bagikan, unduh, dan radio ke bawah judul lagu, serta perubahan warna tombol putar/jeda dan pengalih lagu/video.
  3. Meskipun ini adalah desain ulang yang signifikan, namun ada kekhawatiran bahwa fitur komentar baru dapat memungkinkan kebencian, penyerangan massal, dan spam berkembang biak, mirip dengan yang terjadi di aplikasi YouTube utama.

Dalam upaya terus berinovasi dan bersaing dengan para rivalnya seperti Spotify dan Apple Music, YouTube Music baru-baru ini melakukan desain ulang pada layar “Sedang Diputar” dengan penambahan yang paling mencolok yaitu bagian komentar.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk membaca dan menulis komentar langsung dari aplikasi, menjadikannya lebih interaktif dan sosial.

Desain baru YouTube Music

Desain baru ini sudah mulai dirilis ke perangkat iOS dan Android. Selain penambahan bagian komentar, pembaruan terbaru ini juga mencakup tombol yang mudah diakses, gambar sampul yang lebih besar, dan lainnya.

tampilan playlist baru di YouTube Music
Gambar dari 9to5Google

Tombol komentar yang baru ini menampilkan komentar yang sudah ada dari video musik resmi di YouTube. Pengguna juga dapat mengetik komentar mereka sendiri, yang menambahkan komponen sosial yang lebih menarik ke aplikasi.

Tombol komentar terletak di bawah gambar sampul. Ketika pengguna memilih tombol tersebut, panel akan menggelincir ke atas layar.

tampilan komentar di YouTube Music
Gambar dari 9to5Google

Di samping komentar, ikon untuk suka/tidak suka, simpan, bagikan, unduh, dan radio, yang sebelumnya tersembunyi dan hanya dapat diakses ketika pengguna mengetuk gambar album. Memindahkan tombol-tombol di bawah judul lagu memudahkannya untuk diakses.

Penyesuaian tampilan antarmuka

Selain penambahan komentar di layar “Sedang Diputar”, YouTube Music juga melakukan beberapa perubahan kecil lainnya pada antarmuka pengguna, seperti tombol putar/jeda yang sekarang berwarna putih, dan pengalih lagu/video yang sekarang berwarna putih, yang sebelumnya menggunakan theming dinamis Material You.

Bahkan nama trek dan artis sekarang rata kiri, bukan rata tengah. Semua opsi lainnya tetap ada di menu overflow. Ini adalah desain ulang yang signifikan bagi YouTube Music, meskipun tidak ada yang menyangka Google akan melakukannya, mengingat komentar di aplikasi YouTube utama memungkinkan kebencian, penyerangan massal, dan spam berkembang biak.

Meski begitu, untuk saat ini, YouTube Music mungkin menjadi satu-satunya aplikasi streaming musik dengan bagian komentar yang aktif sebelum pesaingnya mengejar. Kami belum melihat antarmuka baru di perangkat kami, tetapi 9to5Google melaporkan bahwa itu sedang dirilis secara bertahap.

YouTube Music terus berusaha untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menambahkan fitur lain seperti lirik langsung ala Spotify dan tab Sampel baru-baru ini, yang semakin meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Kabar Terkait