Cara Transfer DANA ke LinkAja dan Berbagai Keuntungannya

Transfer DANA ke LinkAja menjadi salah satu metode transaksi yang diminati masyarakat seiring perkembangan dunia digital

Oleh: Detty Risetya
transfer dana ke linkaja

Transfer DANA ke LinkAja menjadi salah satu metode transaksi yang diminati masyarakat seiring perkembangan dunia digital. 

Kamu tidak lagi diharuskan memiliki akun rekening untuk mengirim uang ke tempat yang jauh. Sekarang, ada yang namanya dompet digital seperti cara transfer DANA ke LinkAja.

Dompet digital adalah layanan digital yang memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai macam layanan elektronik dalam satu wadah. 

Melalui teknologi ini, kamu dapat bertransaksi tanpa menggunakan kartu, cukup dengan QRIS atau transfer manual ke akun yang dituju.

Biasanya, pengguna akan diminta untuk menginput nomor HP ketika melakukan pendaftaran. 

Nantinya, nomor tersebut sekaligus berfungsi untuk alamat akun kamu. Ini adalah layanan super mudah yang bisa meringkas aktivitas transaksimu setiap harinya.

Pahami manfaat dompet digital sebelum transfer dana ke LinkAja

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, dompet digital adalah layanan elektronik yang akan menghimpun beragam metode pembayaran dalam satu platform. 

Namun, sudah tahukah kamu kalau dompet digital punya lebih banyak manfaat?

1. Bikin transaksi jadi praktis

Siapa, sih, yang tidak ingin bertransaksi dengan cara-cara praktis? Dompet digital memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran hanya dengan beberapa klik. 

Apalagi, adanya QRIS yang cukup dipindai saja semakin membuatnya lebih simpel.

Anggaplah seperti halnya ketika kamu ingin melakukan transfer DANA ke LinkAja, caranya benar-benar mudah. Kamu tidak akan dibuat pusing dengan barisan pola transaksi yang membingungkan.

Selain itu, dengan memiliki dompet digital yang biasanya diinstal pada HP, kamu bisa meringankan beban bawaan saat bepergian. Lupakan soal membawa dompet atau beragam kartu karena HP kamu kini dapat diandalkan sepenuhnya untuk transaksi.

Ingin makan direstoran? Beli pulsa? Belanja di marketplace? Gampang! Semua itu dapat kamu wujudkan hanya melalui sebuah dompet digital, seperti LinkAja atau DANA. 

Asalkan kamu tidak pernah absen mengisi saldo dompet digitalmu, kemudahan transaksi merupakan keniscayaan.

2. Punya banyak produk pilihan

DANA dan LinkAja hanya salah dunia dari dompet digital yang populer di negara ini. Masih banyak produk lain yang siap mengakomodir kebutuhan transaksimu, meski tentu saja, DANA dan LinkAja adalah platform asli buatan Indonesia.

Terlepas dari produk e-wallet pilihanmu, kamu selalu punya kesempatan untuk berpindah dari satu platform ke platform lain. Alasannya karena cara membuat akun pada dompet digital benar-benar praktis.

Apalagi, pada DANA secara khusus telah terintegrasi dengan data Dukcapil sehingga prosesnya semakin ringkas. Saat kamu membuat akun e-wallet melalui DANA, itu bisa berjalan lebih cepat dalam hal verifikasi data.

Sementara di sisi lain, LinkAja adalah hasil kolaborasi antara perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. 

LinkAja merupakan produk buatan Telkomsel, Himpunan Bank Milik Negara, serta Pertamina. Jadi untuk masalah fitur, sudah pasti sangat variatif!

3. Terhubung dengan banyak platform

Sudah menjadi pemahaman umum bahwa aktivitas digital saat ini tidak dapat lagi dipisahkan dari keseharian. 

Ada kalanya kamu ingin membeli makanan kekinian pada layanan pesan antar, mencari baju-baju trendi di marketplace, atau sekadar ingin top up koin untuk membaca komik Webtoon.

Platform seperti itu sering kali belum menyediakan metode transaksi dengan menggunakan nomor rekening bank. Ini jelas memusingkan bila ternyata kamu hanya punya bank untuk diandalkan.

Lain cerita jika kamu memiliki dompet digital atau e-wallet, segala jenis platform pasti dapat diakomodir. Top up koin Webtoon? Beli baju di marketplace? Pakai layanan pesan antar makanan? Semuanya bisa berjalan cepat hanya dengan dompet digital.

Kamu juga bahkan bisa melakukan pengiriman ke sesama dompet digital, seperti transfer DANA ke LinkAja. 

Bikin terkesan, bukan? Bayangkan kalau kamu memiliki e-wallet, seluruh transaksi harian, baik di dunia maya maupun nyata, bukan lagi jadi masalah.

4. Ragam fitur yang bikin happy

Tahukah kamu bahwa dompet digital, terlepas dari apa jenis produknya, punya ragam fitur yang bikin happy? Betapa mengesankannya karena kamu difasilitasi untuk melakukan berbagai macam transaksi, dari transfer hingga langganan asuransi.

Melalui dompet digital, kamu bisa membayar tagihan listrik, berinvestasi ke reksadana, mengisi paket data bulanan, ataupun langganan TV kabel. 

Kerennya lagi, ini hanya membutuhkan satu aplikasi yang terpasang pada smartphone milikmu.

Cara transfer dana ke LinkAja tanpa ribet

Asumsinya kamu telah memiliki aplikasi DANA dan siap melakukan transfer dalam jumlah tertentu. 

Berikut langkah-langkah yang harus kamu coba jika ingin meneruskan saldo DANA ke LinkAja.

1. Klik menu Kirim

Menu Kirim adalah permulaan sebab di sini kamu akan menemukan fitur lanjutan yakni Kirim ke Akun Bank. Pilih fitur tersebut, lalu teruskan dengan Kirim ke Rekening Bank.

2. Isi informasi akun LinkAja atau bank yang dituju

Kamu dimungkinkan untuk mengirim saldo DANA ke LinkAja melalui perantara bank yang bekerja sama dengan LinkAja. 

Cukup input nama bank pada kolom yang disediakan atau ketik LinkAja/TCASH dan tentukan pilihanmu.

Di sisi lain, jika kamu ingin mengirim langsung ke LinkAja, gunakan kode 911 dilanjutkan dengan nomor akun kamu. 

Contohnya, 91108233753XXXX. Jangan lupa untuk mengisi kolom alias.

  • Isi nominal saldo yang ingin ditransfer
  • Tekan tombol Tambah Bank Baru untuk kemudian memasukkan jumlah saldo yang ingin kamu transfer. 
  • Klik Lanjut, kemudian teruskan ke Kirim DANA, dan lakukan konfirmasi dengan menginput PIN. Tunggu beberapa saat hingga muncul laporan bahwa transaksimu sukses.

Perlu diingat bahwasanya transfer DANA ke LinkAja hanya bisa dilakukan jika akun DANA kamu sudah terkategori premium. 

Jika belum, sebaiknya segera upgrade dulu agar fitur kamu dapat menikmati lebih banyak fitur. 

Lalu, pastikan pula bahwa setidaknya kamu mentransfer sejumlah Rp10.000 usai terhubung dengan internet.Bagaimana, mudah kan, transfer saldo dari DANA ke LinkAja? Silakan langsung dicoba step-stepnya!

Kabar Terkait