Samsung Luncurkan Samsung Food: Aplikasi Resep Pintar Berbasis AI

Temukan kemudahan merencanakan menu harian dengan Samsung Food, aplikasi resep pintar berbasis AI. Dapatkan rekomendasi resep, buat daftar belanja, dan kelola diet sehatmu.

Oleh: Rendy Andriyanto
Meet Samsung Food

  1. Samsung meluncurkan Samsung Food, platform makanan dan resep berbasis AI yang memudahkan pengguna dalam menemukan resep, merencanakan makanan, dan berbagi di media sosial.
  2. Fitur Samsung Food mencakup personalisasi resep, rekomendasi berdasarkan stok makanan, dan kemampuan untuk mengelola daftar belanja dan peralatan dapur secara online.
  3. Samsung berencana mengintegrasikan Samsung Health dan teknologi Vision AI untuk membantu pengguna mengelola diet seimbang dan mendapatkan rekomendasi resep berdasarkan gambar makanan.

Samsung Electronics baru-baru ini mengumumkan peluncuran global Samsung Food, platform resep dan makanan yang dipersonalisasi dengan kecerdasan buatan (AI).

Layanan baru ini dirilis dalam delapan bahasa di 104 negara di seluruh dunia, menawarkan pengalaman makanan komprehensif melalui lebih dari 160.000 resep yang tersedia, berfungsi sebagai asisten pribadi untuk membantu pengguna menemukan hidangan baru, membuat rencana makan yang disesuaikan, dan memesan bahan-bahan secara online.

Fitur Samsung Food

Samsung Food menawarkan berbagai fitur untuk mendukung pengguna dalam setiap langkah proses perencanaan makanan dan memasak, termasuk penemuan resep dan personalisasi, perencanaan makan yang disesuaikan, konektivitas dapur, dan fungsi berbagi sosial.

Untuk penemuan resep, Samsung Food memungkinkan pengguna menyimpan resep ke kotak resep digital pribadi mereka kapan saja dan dari mana saja. Aplikasi ini menganalisis resep, menstandarisasi formatnya, dan mengaturnya untuk membuat daftar belanja berdasarkan bahan-bahannya.

Fitur Samsung Food

Selain perangkat seluler, pengguna juga dapat mengakses layanan Samsung Food dengan kulkas Bespoke Family Hub™ mereka.

Samsung Food juga dilengkapi dengan fungsi Personalize Recipe, yang memungkinkan Food AI aplikasi untuk mengubah resep yang disimpan secara langsung untuk mencerminkan kebutuhan diet pengguna.

Sebagai contoh, pengguna dapat mengubah resep menjadi versi vegan atau vegetarian atau membuat perubahan lain untuk membuat resep yang lebih seimbang secara nutrisi atau menggabungkan bahan-bahan yang tersedia. Pengguna bahkan dapat membuat resep fusion, seperti versi Korea dari hidangan Italia, dan menyesuaikan waktu masak atau tingkat keahlian resep.

Menggabungkan Teknologi untuk Pengalaman yang Lebih Baik

Untuk menciptakan rencana makan harian yang individual untuk pengguna, aplikasi membuat rekomendasi yang dibuat oleh AI (Artificial Intelligence) berdasarkan data pengguna, preferensi diet, dan jenis masakan favorit, dan memungkinkan pengguna menambahkannya ke perencana makanan mereka.

Rincian nutrisi bahan tersedia kapan saja, dan pengguna dapat menambahkan item ke daftar belanja Samsung Food mereka lalu mengirimkannya langsung ke checkout e-commerce pengecer.

Menggabungkan Teknologi untuk Pengalaman yang Lebih Baik

Dengan konektivitas yang terhubung, Samsung Food memungkinkan pengguna mengatur timer, memanaskan oven, dan mengirimkan pengaturan masak resep langsung ke peralatan melalui mode memasak terpandu langkah demi langkah, semuanya dari perangkat portabel mereka.

Mulai dari Bespoke Oven, Samsung berencana untuk menghubungkan berbagai peralatan – termasuk rentang induksi dan microwave Bespoke – ke Samsung Food pada akhir tahun untuk meningkatkan kenyamanan pengguna di dapur.

Terintegrasi dengan Samsung Health dan Vision AI

Di luar kemampuan Samsung Food yang tersedia saat peluncuran, Samsung akan terus menambahkan fitur dan layanan baru ke aplikasi untuk pengalaman makanan pribadi yang lebih lancar dan komprehensif.

Pada akhir tahun, Samsung berencana untuk menawarkan integrasi Samsung Health dengan Samsung Food sehingga pengguna dapat menerima saran untuk pengelolaan diet. Sinkronisasi informasi seperti BMI, komposisi tubuh, dan konsumsi kalori dengan Samsung Food akan membantu pengguna mencapai tujuan kesehatan dan menjaga diet seimbang.

Direncanakan untuk diimplementasikan pada 2024, teknologi Vision AI akan memungkinkan Samsung Food mengenali item makanan dan makanan yang difoto melalui kamera dan memberikan detail tentangnya, termasuk informasi nutrisi.

Dengan menganalisis item makanan, aplikasi dapat merekomendasikan resep terbaik untuk digunakan dengan item tersebut, menyimpan resep ini ke koleksi pengguna, dan menambahkan bahan yang diperlukan ke daftar belanja, semuanya hanya dengan beberapa ketukan.

Kabar Terkait