AI (Artificial Intelligence)

Belum tahu apa itu AI (Artificial Intelligence)? Ketahui semua informasi tentang AI (Artificial Intelligence) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Oleh: Rendy Andriyanto
AI (Artificial Intelligence)

AI (Artificial Intelligence). Gambar ini dibuat oleh Bing AI Image Creator

Definisi AI (Artificial Intelligence)

Definisi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia):

  1. program komputer dalam meniru kecerdasan manusia, seperti mengambil keputusan, menyediakan dasar penalaran, dan karakteristik manusia lainnya

Pada tahun 1956, John McCarthy, yang sering dijuluki sebagai “Bapak AI”, mendefinisikan Kecerdasan Buatan sebagai “ilmu dan teknik membuat mesin cerdas, terutama program cerdas.” Menurutnya, AI adalah bidang yang berfokus pada pengembangan program dan sistem yang dapat mengeksekusi tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia.

Di sisi lain, Profesor Elaine Rich mendefinisikan AI sebagai “studi membuat komputer melakukan hal-hal yang, saat ini, orang lakukan lebih baik.” Ini mengimplikasikan bahwa AI adalah alat yang dibuat manusia untuk memperkuat kemampuan dan efisiensi dalam melaksanakan tugas tertentu.

Pengertian Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence, AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada penciptaan sistem atau mesin dengan kemampuan menunjukkan perilaku cerdas, perilaku yang biasanya dikaitkan dengan kecerdasan manusia.

Kecerdasan dalam konteks ini mencakup berbagai aspek seperti belajar, pemahaman bahasa, pengenalan pola dan suara, pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir dan merencanakan.

Pengertian Generative AI

Generate AI merujuk pada proses di mana algoritma atau model machine learning digunakan untuk membuat output baru berdasarkan data yang telah dipelajari sebelumnya. Ini bisa berupa teks, gambar, suara, atau jenis data lainnya.

Generate AI sering digunakan dalam berbagai bidang, termasuk seni digital, musik, perangkat lunak, dan penelitian. Misalnya, dengan generate AI, kita bisa menciptakan gambar atau suara baru berdasarkan sampel yang telah ada, atau menulis artikel atau puisi baru berdasarkan teks yang telah dipelajari oleh model.

Salah satu contoh generate AI adalah model seperti OpenAI’s ChatGPT, yang bisa digunakan untuk menulis artikel atau memproduksi teks lainnya yang mirip dengan yang ditulis oleh manusia. Model ini dilatih pada miliaran halaman teks dan dapat menghasilkan teks yang koheren dan relatif realistis berdasarkan input yang diberikan.

Namun, perlu diingat bahwa generate AI masih merupakan bidang yang sedang berkembang dan memiliki batasannya sendiri. Misalnya, output yang dihasilkan oleh model AI masih sangat bergantung pada kualitas dan variasi data pelatihan, dan mungkin tidak selalu memenuhi harapan atau kebutuhan pengguna.

Sejarah Perkembangan AI

Sejarah perkembangan AI bermula pada tahun 1950-an, dengan kemunculan ide untuk menciptakan mesin yang mampu meniru beberapa aspek kecerdasan manusia.

Seiring berjalannya waktu, konsep ini semakin berkembang dan menjadi dasar dari AI seperti yang kita kenal sekarang.

Sejarah AI juga ditandai dengan beberapa peristiwa penting, salah satunya adalah pertandingan catur antara Deep Blue, komputer IBM, dan Garry Kasparov, juara dunia catur pada tahun 1997. Di mana, Deep Blue berhasil mengalahkan Kasparov dan menandai era baru dalam perkembangan AI.

Apa itu Machine Learning?

Machine Learning merupakan cabang dari AI yang berfokus pada pembuatan dan pengembangan algoritma yang memungkinkan mesin untuk belajar dari data dan menghasilkan keputusan atau prediksi berdasarkan data tersebut tanpa perlu diprogram secara eksplisit.

Sebagai contoh, sistem rekomendasi yang digunakan oleh Amazon dan Netflix menggunakan teknik machine learning untuk menyediakan rekomendasi produk atau film kepada pengguna berdasarkan pola perilaku dan preferensi sebelumnya.

Apa Itu Deep Learning?

Deep Learning adalah sub-cabang dari machine learning yang menggunakan struktur jaringan saraf tiruan (artificial neural networks) dengan tiga atau lebih layer.

Layer-layer ini mampu belajar dari sejumlah besar data yang tidak terstruktur dan mendalam. Seiring dengan perkembangan teknologi, deep learning telah diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk pengenalan suara, pengenalan gambar, dan bahasa alami.

Penerapan AI dalam Kehidupan Nyata

Kecerdasan Buatan (AI) telah menembus hampir setiap aspek kehidupan kita, sering kali tanpa kita sadari. Berikut beberapa contoh penerapan AI dalam kehidupan nyata.

1. Rekomendasi Online

Salah satu aplikasi paling dikenal dari AI adalah sistem rekomendasi yang digunakan oleh platform seperti Amazon, Netflix, dan Spotify.

Algoritma Machine Learning belajar dari data perilaku pengguna, seperti item apa yang mereka lihat, beli, atau berikan rating, dan kemudian menghasilkan rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi pengguna tersebut.

2. Pengenalan Suara

Pengenalan suara adalah teknologi AI yang digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk asisten digital seperti Siri, Google Assistant, dan Alexa AI ini dirancang untuk memahami perintah suara pengguna dan menjalankannya, seperti mencari informasi di internet, memutar lagu, atau mengatur alarm.

3. Pengenalan Gambar

Pengenalan gambar adalah bidang lain dimana AI menunjukkan kemampuannya. Teknologi ini digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pelabelan foto otomatis di Facebook dan Google Photos, hingga identifikasi objek untuk kendaraan otonom.

4. Medis dan Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, AI digunakan sebagai hardware yang tersistem untuk mendiagnosis penyakit dan merencanakan perawatan. Misalnya, AI dapat digunakan untuk menganalisis hasil scan dan membantu mengidentifikasi tanda-tanda penyakit seperti kanker. Selain itu, AI juga digunakan dalam penelitian obat dan genetika.

5. Perbankan dan Keuangan

AI digunakan secara luas dalam industri perbankan dan keuangan. Algoritma Machine Learning dapat menganalisis data transaksi dan perilaku untuk mendeteksi kegiatan mencurigakan dan mencegah penipuan. AI juga digunakan dalam penilaian kredit, trading algoritma, dan layanan pelanggan otomatis.

6. Kendaraan Otonom

Mungkin contoh paling terkenal dari AI adalah kendaraan otonom. Mobil tanpa pengemudi, seperti yang dikembangkan oleh Waymo (bagian dari Alphabet, perusahaan induk Google), menggunakan AI untuk menginterpretasikan data dari sensor dan kamera, memungkinkan mereka untuk menavigasi jalan dan menghindari rintangan.

7. Layanan Pelanggan Otomatis

Banyak perusahaan sekarang menggunakan chatbot dan asisten virtual, yang didukung oleh AI, untuk menangani pertanyaan dan permintaan layanan pelanggan.

AI ini mampu memahami pertanyaan yang ditulis atau diajukan dalam bahasa alami, dan memberikan respon yang relevan dan akurat.

8. Pendidikan

AI juga semakin digunakan dalam pendidikan, untuk menyediakan bantuan belajar yang disesuaikan untuk siswa. Sistem ini dapat memahami kebutuhan belajar individu siswa dan menyesuaikan materi dan tantangan sesuai dengan tingkat kemampuan mereka.

Implikasi Etis dari AI

Seiring dengan perkembangan dan penyebaran AI, dari berbagai software dan aplikasi yang sudah ada berbagai pertanyaan dan tantangan etis muncul, seperti bagaimana memastikan bahwa AI berperilaku adil dan tidak bias, bagaimana menjaga privasi dan hak individu dalam dunia yang semakin dipengaruhi oleh AI, dan bagaimana mencegah penyalahgunaan AI.

Diskusi tentang pertanyaan-pertanyaan ini dan pencarian solusi yang adil dan etis untuk mereka adalah topik penting dalam penelitian dan pembahasan AI saat ini.

Dalam konteks yang lebih luas, AI memiliki potensi untuk membawa perubahan besar dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan, keuangan, pendidikan, transportasi, dan banyak lagi.

Meski demikian, penting untuk melanjutkan penelitian dan diskusi tentang cara terbaik untuk mengembangkan dan menggunakan teknologi ini secara etis dan bertanggung jawab.

Kabar Terkait

Kamus IT -

API (Application Programming Interface)

Belum tahu apa itu API (Application Programming Interface)? Ketahui semua informasi tentang API (Application Programming Interface) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Mengenal Apa itu API
Kamus IT -

Automated Machine Learning (AutoML)

Belum tahu apa itu Automated Machine Learning (AutoML)? Ketahui semua informasi tentang Automated Machine Learning (AutoML) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Automated Machine Learning (AutoML)
Kamus IT -

Artificial General Intelligence (AGI)

Belum tahu apa itu Artificial General Intelligence (AGI)? Ketahui semua informasi tentang Artificial General Intelligence (AGI) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Memahami Definisi Artificial General Intelligence (AGI)
Kamus IT -

Altcoin

Belum tahu apa itu Altcoin? Ketahui semua informasi tentang Altcoin hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Altcoin
Kamus IT -

Augmented Reality (AR)

Belum tahu apa itu Augmented Reality (AR)? Ketahui semua informasi tentang Augmented Reality (AR) hanya di Kamus IT Techbuddy, mulai dari definisi, pengertian, fungsi, dan lain sebagainya

Augmented Reality (AR)