Perbedaan Laptop dan Notebook Berdasarkan Tampilan dan Fungsinya

Jika diperhatikan lebih detail, sebenarnya ada perbedaan laptop dan notebook yang cukup signifikan. Berikut rinciannya 

Oleh: Detty Risetya
perbedaan laptop dan notebook

Tahukah kamu apa perbedaan laptop dan notebook? Tampilannya yang mirip membuat orang-orang sering salah menyebutkan keduanya.

Nah, kira-kira apa saja? Berikut adalah tabel perbedaan laptop dan notebook yang bisa kita jadikan perbandingan. Simak, yuk!

Tabel perbandingan untuk mengetahui perbedaan laptop dan notebook

#LaptopNotebook
MerekApple, Dell, Toshiba, Acer, Asus, Lenovo, HP, Samsung, Sony, MSI, AlienWare, MicrosoftHP, Apple, Samsung, Sony, Toshiba, Dell
UkuranKecil dan ramping. Ukuran layar biasanya berkisar antara 10-20 inci.Notebook umumnya tersedia seukuran buku atau tablet.
Sistem PendiginMemiliki kipas dan sistem lain seperti komputer desktop.Tidak memiliki sistem pendingin yang efektif.
DVD-DRIVES dan Aksesoris lainnyaDibangun secara terintegrasi.Tidak terintegrasi. Tapi, bisa dihubungkan secara eksternal.
MaknaLaptop adalah komputer berukuran kecil dan ringan. Bisa dibawa kemanapun oleh pengguna.Notebook adalah komputer ditenagai baterai, ringan, ringkas, dan mudah dimasukkan tas kerja.
Kapasitas RAMLaptop biasanya memiliki prosesor 1-8 GB RAM yang lebih kuat dibandingkan notebook.Saat ini, ada notebook yang hadir dengan konfigurasi laptop. Tapi, prosesornya masih kurang bertenaga.
BobotBerat antara 1,4 – 5,4 kg dan tebal 1,5 hingga 2 inci.Berat kurang dari 2 kg dan tebalnya 0,5-1 inci.

Perbedaan laptop dan notebook yang umum dijumpai

Sejak pertama kali dirilis ke pasaran di era-70an, laptop dan notebook mampu merebut hati masyarakat modern. 

Meski sering dibilang mirip, namun ternyata keduanya menyimpan perbedaan. Apa saja? Berikut perbandingannya.

1. Produsen Utama

Produsen notebook terkemuka adalah Apple, Dell, HP, Samsung, Sony, dan Toshiba.

Sedangkan, perusahaan pembuat laptop yang terkena, di antaranya: Apple, Asus, Acer, Samsung, HP, Lenovo, Sony, Alienware, Toshiba, Microsoft, Dell, dan MSI.

2. Bobot

Perbedaan laptop dan notebook selanjutnya bisa dilihat dari bobotnya. Ukuran dan berat laptop memang bervariasi, tetapi umumnya lebih berat dan besar ketimbang notebook. 

Laptop biasanya memiliki berat 1,3 hingga 5,4 kg dan tebal 1,5 hingga 2 inci bervariasi tergantung tipe laptop. Tetapi, notebook jauh lebih ringan, dengan berat kurang dari 2 kg dan memiliki ketebalan 0,5 hingga 1 inci.

Sayangnya, berat dan harga seringkali berbanding terbalik. Model yang lebih berat akan jauh lebih murah. Sedangkan, varian yang lebih ramping, harganya lebih mahal.

3. Ukuran Layar

Berikutnya, perbedaan laptop dan notebook adalah ukuran layar. Laptop selalu memiliki ukuran layar yang lebih besar daripada notebook. Layar laptop biasanya antara 13 dan 17 inci.

Sedangkan, layar notebook kurang dari 12 inci. Namun, keduanya dapat dicolokkan ke monitor eksternal untuk visual yang lebih luas.

Ukuran layar paling umum untuk laptop adalah 13 inci. Sedangkan, ukuran paling umum untuk notebook adalah 11 inci.

4. Resolusi

Layar laptop biasanya memiliki resolusi yang lebih tinggi daripada layar notebook. Karena, laptop didesain untuk multimedia dan gaming, sedangkan notebook tidak.

Laptop biasanya memiliki resolusi 1920×1080, sementara notebook biasanya memiliki resolusi 1366×768.

Resolusi tertinggi pada laptop adalah 4k, sangat cocok untuk para gamer.

5. Fitur dan Kegunaan

Laptop lebih besar dan kuat daripada notebook. Biasanya memiliki ukuran layar 13 inci atau lebih, menjadikan laptop lebih baik untuk menonton film atau mengerjakan proyek.

Di samping itu, laptop dibekali keyboard built-in, membuatnya lebih fleksibel untuk mengetik teks yang lebih panjang.

Sementara, notebook lebih kecil dan kurang bertenaga dibandingkan laptop. Layar biasanya antara 10 hingga 12 inci, membuatnya lebih portabel, dan sering digunakan saat bepergian.

Notebook dirancang untuk penggunaan yang lebih ringan, seperti memeriksa email atau menjelajah internet. 

Laptop lebih besar dan lebih berat tetapi menawarkan lebih banyak fitur dan kinerja daripada notebook. Umumnya, digunakan untuk pemrograman, pembuatan software, atau desain grafis yang lebih intensif.

6. RAM dan Daya Pemrosesan

Ada perbedaan laptop dan notebook yang cukup signifikan terkait RAM dan Prosesor. Laptop memiliki lebih banyak fitur, jadi harganya lebih mahal.

Laptop biasanya memiliki antara 2GB hingga 16GB RAM yang lebih bertenaga dan kemampuan pemrosesan lebih cepat.

Di sisi lain, notebook dimaksudkan untuk penggunaan yang lebih ringan. Oleh karena itu, RAM-nya lebih terbatas. Mulai dari 1 hingga 4GB (walaupun 4GB juga sangat jarang).

7. Sistem Pendingin

Salah satu perbedaan laptop dan notebook yang bisa cepat terlihat adalah laptop punya sistem pendingin, sedangkan notebook tidak ada. 

Laptop memiliki kipas pendingin di dalamnya yang membantu menjaga perangkat tetap dingin dengan meniupkan udara ke heat sink dan CPU.

8. DVD-DRIVE dan Aksesoris lainnya

Sementara laptop memiliki drive CD/DVD, notebook tidak. Meskipun kebutuhan akan CD/DVD telah berkurang drastis karena peningkatan dan penggunaan WIFI broadband.

Notebook akan memiliki 1 atau 2 port, sedangkan laptop akan memiliki dua kali lebih banyak antara 2 dan 4 port.

9. Daya Tahan Baterai

Dalam kategori ini, notebook menang atas laptop. Notebook memiliki masa pakai baterai yang lebih signifikan daripada laptop. Notebook biasa akan bertahan 5-14 jam, sementara laptop hanya 4,6 -10 jam. Tapi, kalau kamu punya masalah pada baterai laptop yang boros, segera lakukan pengecekan dan perbaikan.

Nah, sudah tahu kan, perbedaan laptop dan notebook di pasaran. Jadi, kamu bisa lebih mudah membandingkan manakah pilihan terbaik saat akan membeli laptop atau notebook baru. Semoga bermanfaat.

Kabar Terkait