Cara Top Up Flazz BCA Via DANA, Bisa Buat Bayar Tol & Isi Bensin!

Top up saldo Flazz BCA kamu via akun DANA lebih mudah dan cepat dengan langkah-langkah berikut ini. Bayar tol dan isi bensin jadi gampang!

Oleh: Detty Risetya
cara top up flazz bca via dana

Cara top up Flazz BCA via DANA perlu diketahui masyarakat luas, terutama bagi kamu yang sering naik transportasi umum, seperti Transjakarta, commuter line, atau MRT Jakarta. 

Pasalnya, dengan mengisi saldo Flazz BCA kamu bisa bayar tol dan transportasi umum lebih praktis. Selain itu, kamu cukup mengisi saldo minimal Rp 20ribu saja. 

Sejak pertama kali dirilis pada 2007, Flazz BCA mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Apa saja kelebihan memakai Flazz BCA dan bagaimana cara top up Flazz BCA via DANA? Pembahasan selengkapnya dapat disimak di artikel kali ini. Baca terus sampai akhir, ya!

Fungsi dan manfaat kartu Flazz BCA dalam kehidupan sehari-hari

Secara umum, kartu Flazz BCA difungsikan sama seperti kartu tol lainnya. Hampir seluruh jalan tol di Indonesia saat ini menggunakan pembayaran e-Toll. 

Sehingga, kartu Flazz BCA dapat diisi saldo sesuai kebutuhan perjalanan. Tak hanya itu, selain membayar jalan tol, Flazz BCA juga bisa dipakai berbelanja barang di supermarket atau gerai ritel. Bahkan, bisa untuk membeli bahan bakar kendaraan di SPBU. 

Berikut adalah beberapa manfaat dan fungsi kartu Flazz BCA sebagai alat pembayaran non tunai: 

  • Membayar jalan tol
  • Belanja di minimarket, hipermarket, toko buku, tempat rekreasi (berlogo flazz BCA)
  • Pembayaran SPBU
  • Membayar parkir
  • Membeli makanan dan minuman di gerai berlogo Flazz BCA
  • Membayar transportasi umum seperti MRT Jakarta, commuter line Jabodetabek, TransJakarta, & TransJogja. 

Sebenarnya masih banyak fungsi kartu Flazz lainnya, namun pada intinya kartu Flazz BCA adalah alat pembayaran non tunai pada umumnya. Bisa dipakai membayar jalan tol, TransJakarta, serta belanja di gerai ritel seperti Alfamart atau Indomaret. 

Cara top up Flazz BCA via DANA, simak panduan berikut

Dilansir dari laman Bank BCA, terdapat beberapa langkah untuk mengisi saldo atau cara top up Flazz BCA via DANA, antara lain: 

1. Menginstal aplikasi DANA

Unduh dan instal aplikasi DANA melalui appstore atau Google store. Selanjutnya, buka aplikasi DANA, dan tap ikon “Kirim” di halaman utama. 

2. Pilih menu “Kirim ke Bank”

Setelah upgrade akun DANA sesuai petunjuk di aplikasi, kamu perlu memilih opsi Bank BCA dan masukkan nomor rekening Bank BCA milikmu.

3. Isikan jumlah nominal top up

Sekarang, masukkan berapa jumlah nominal saldo top up yang ingin kamu transfer. Aplikasi DANA mengharuskan minimal top up Rp 10.000. Lalu, tekan tombol “Bayar” untuk melanjutkan proses. 

4. Tekan ‘DANA Balance’

Proses berikutnya, tekan opsi “Saldo DANA” untuk mengonfirmasi bahwa kamu akan membayar dengan memotong saldo DANA. Selanjutnya, Tekan “Bayar”. 

Aplikasi DANA akan meminta kamu untuk memasukkan nomor PIN DANA sebagai langkah verifikasi keamanan.

5. Isi saldo kartu Flazz BCA

Setelah top up DANA berhasil, sekarang kamu dapat mengisi kartu Flazz BCA dari aplikasi m-Banking BCA. Pada dasarnya, aplikasi DANA dapat dipakai untuk transfer ke bank apapun, akan tetapi khusus Flazz hanya bisa diisi melalui Bank BCA. 

Ikuti langkah berikut:

  • Tap ikon m-Banking BCA di ponsel untuk membuka aplikasi.
  • Masukkan username dan password untuk login m-Banking BCA. 
  • Kemudian, tekan menu “Flazz” dan tempelkan kartu pada area NFC ponsel kepunyaanmu. 
  • Lalu, tekan “Top up Flazz”. 
  • Selanjutnya, isikan berapa nominal jumlah top up yang diinginkan. Tekan “OK” untuk mengonfirmasi. 
  • Tak lupa, lengkapi kode PIN m-BCA dan tempelkan ulang kartu Flazz BCA di area NFC ponsel. Tunggu sebentar hingga proses selesai dan muncul notifikasi transaksi sukses. 

Apa persyaratan top up Flazz BCA via DANA?

Seperti yang sudah disinggung di atas, kamu perlu memiliki ponsel dengan fitur NFC, kartu Flazz, serta m-Banking BCA agar bisa menikmati kemudahan cara top up Flazz BCA via DANA tanpa ribet. 

Selain itu, simak beberapa persyaratan mengisi saldo kartu Flazz BCA berikut:

  1. Memiliki akun DANA yang sudah diverifikasi oleh tim admin DANA
  2. Melakukan registrasi ke aplikasi DANA dan mengunggah foto KTP (identitas diri). 
  3. Sudah mengupgrade akun DANA Premium
  4. Saldo DANA lebih dari Rp 10.000.
  5. Mendaftarkan diri ke m-Banking BCA

Sementara ini, syarat cara top up Flazz BCA via DANA memang cukup mudah. Jika akun DANA sudah premium, kamu bisa langsung menikmati berbagai fitur modern dan menarik lainnya di aplikasi DANA. 

Berapa biaya top up Flazz BCA via DANA?

Bagi kamu yang masih bingung apakah cara top up Flazz BCA via DANA juga mengeluarkan biaya? Jawabannya, biayanya nol rupiah alias gratis. Akan tetapi, syaratnya kamu perlu upgrade akun DANA Premium. 

Jika sudah upgrade akun Premium, nantinya kamu bakal memperoleh gratis transfer DANA ke Bank sebanyak 10x tiap bulan. 

Namun, kalau kuota 10x transfer sudah habis, kamu cukup dikenakan biaya transfer sebesar Rp 2.500 per transfer. 

Kenapa harus pakai aplikasi DANA untuk top up Flazz BCA?

Kebanyakan orang kalau ditanya kenapa pakai aplikasi DANA untuk top up kartu Flazz BCA, jawabannya akan sama. Yakni, tanpa biaya admin alias gratis biaya admin. 

Meskipun, ada beberapa aplikasi untuk top up yang mengenakan biaya murah, tetapi masyarakat lebih senang memakai aplikasi DANA karena menerapkan biaya nol rupiah untuk top up Flazz BCA. 

Harapannya, di masa mendatang aplikasi DANA dapat terus berbenah dan meningkatkan layanan. Sehingga, gratis biaya admin transfer saat top up Flazz BCA bisa lebih dari 10x per bulan. 

Adapun keunggulan memakai aplikasi DANA untuk top up Flazz BCA adalah berikut:

  • Bisa transfer hingga minimal Rp 5.000.
  • Gratis biaya transfer ke sesama pengguna aplikasi DANA.
  • Bisa tarik tunai di gerai ritel.
  • Proses instan.
  • Gratis biaya admin untuk nominal transfer lebih dari Rp 50 ribu. 

Nah, tunggu apalagi, sekarang kamu sudah tahu cara top up Flazz BCA via DANA. Silakan langsung dipraktikkan cara di atas, ya!

Kabar Terkait