Cara Pinjam Uang di Aplikasi DANA Tanpa Ribet untuk Modal Usaha

Untuk kalian yang membutuhkan dana secara cepat dan tanpa syarat yang ribet, pahami cara pinjam uang di aplikasi DANA di artikel ini

Oleh: Detty Risetya
pinjam uang di DANA

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”true”]

TL; DR

  1. Pinjam ke teman via DANA: Klik tombol Request > Masukan nominal yang ingin dipinjam > Atur akun bank kamu > Bagikan QR Code kepada peminjam.
  2. Pinjam DANA via Bukalapak: Pilihlah toko yang menawarkan pengisian saldo > Selesaikan pembayaran dengan pinjaman tanpa kartu kredit.
  3. Pinjam DANA via Shopee: Pilih toko yang menjual saldo DANA > Selesaikan pembayaran dengan menggunakan Shopee PayLater.

[/powerkit_alert]

Siapa nih yang sedang butuh modal usaha? Kalau butuh dana cepat, cara pinjam uang di aplikasi DANA dapat menjadi alternatif yang bijak, selain menggunakan aplikasi pinjaman online. Fitur dompet digital ini memang dapat memberi pinjaman ke penggunanya.

DANA menjadi salah satu aplikasi e-wallet atau dompet digital yang terpercaya, sebab sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tak hanya itu, fitur ini telah menjadi andalan banyak orang saat membantu kemudahan berbagai transaksi digital.

Untuk kalian yang membutuhkan dana secara cepat dan tanpa syarat yang ribet, pahami cara pinjam uang di aplikasi DANA di bawah ini untuk mendapatkan bantuan talangan dana secara mudah.

Syarat pinjam uang di aplikasi DANA

Beberapa syarat yang perlu kalian penuhi terlebih dahulu sebelum meminjam uang di DANA. Jangan khawatir, persyaratannya mudah dipenuhi, antara lain:

  • Telah menginstal aplikasi DANA.
  • Telah membuat akun di DANA.
  • Telah update terbaru versi aplikasi.
  • Telah menjadi pengguna premium.
  • Lakukan verifikasi KTP untuk pendaftaran akun premium.
  • Mempunyai rekening bank.

Cara pinjam uang di aplikasi DANA

Lantas, bagaimana prosedur dan langkah? Cara pinjam uang di aplikasi DANA sebenarnya cukup mudah.

Kalian hanya perlu memastikan jika akun DANA kalian telah menjadi akun premium. Kemudian, proses peminjaman dapat dilakukan hanya butuh waktu beberapa menit saja.

Jika telah memiliki akun premium DANA, simak cara pinjam uang di aplikasi DANA di bawah ini:

  1. Bukalah aplikasi DANA.
  2. Buatlah akun DANA dengan mengisi data diri yang diminta.
  3. Buatlah akun menjadi premium.
  4. Klik menu “Request” atau “Minta”.
  5. Klik “Set Amount” guna menentukan nominal pinjaman.
  6. Tuliskan angka nominal lalu Klik “Lanjutkan”.
cara pinjam uang melalui aplikasi DANA
  1. Kemudian muncul kolom “Tulis Catatan” lalu Klik “Skip” atau “Lewati”.
  2. Nantinya akan muncul QR Code, kalian bisa bagikan link ke sosial media yang kalian miliki.
  3. Disini kami rekomendasikan untuk membagikannya ke teman kamu yang memang sudah setuju untuk meminjamkan uang kamu dan jangan pernah coba-coba membagikannya di sosial media ataupun kepada orang-orang yang tidak kamu kenal untuk menghindari adanya penipuan.

Jika ada yang menawarkan, kalian hanya perlu berkomunikasi dengan mereka dan menunggu sampai uang cair ke saldo DANA kalian.

Kalian dapat langsung mencairkannya ke rekening bank dengan memilih “Add to bank account” atau “Tambahkan rekening bank”. Kemudian langsung cairkan uang pinjaman yang telah ada pada rekening kalian di ATM terdekat.

Cara pinjam uang di aplikasi DANA ini memang tak seperti meminjam uang di pinjaman online seperti Kredivo. Cara ini berbeda juga dari pilihan bayar nanti atau paylater contohnya OVO Paylater ataupun GoPayLater.

Sistem di DANA yakni dengan meminjam uang ke pengguna lainnya. Dapat teman kalian sendiri atau orang asing lewat link yang kalian sebar tanpa perlu KTP atau dokumen apapun, jadi DANA hanya menjadi perantara saja.

Apalagi, mengingat sekarang sering kali penyertaan dokumen pribadi bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, cara ini aman digunakan.

Namun, jangan lupa untuk tetap membayar kembali dana kepada teman atau pemberi pinjaman tadi, ya!

Cara pinjam uang di aplikasi DANA melalui e-Commerce

Cara pinjam uang di aplikasi DANA dapat dilakukan lewat aplikasi pihak ketiga yakni e-commerce, dimana prosesnya ini mirip dengan cara melakukan top up, nah kalian bisa melakukannya lewat Bukalapak ataupun Shopee.

1. Pinjam via Bukalapak

Cara pinjam uang di aplikasi DANA yang pertama dapat dilakukan lewat aplikasi Bukalapak, simak caranya di bawah ini:

  • Bukalah aplikasi Bukalapak.
  • Ketik kata kunci Isi Saldo Dana pada kolom pencarian.
  • Pilihlah toko yang menawarkan pengisian saldo.
  • Checkout dan isilah jumlah DANA.
  • Pilihlah pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit (contoh: Akulaku).
  • Klik bayar sekarang guna melanjutkan proses pinjaman.
  • Nantinya diarahkan ke aplikasi Akulaku.
  • Pilihlah tenor pinjaman mulai dari 1 sampai 12 bulan.
  • Penjual di Bukalapak akan mengirimkan saldo DANA.
  • Kirimkan ke nomor rekening bank yang kalian miliki dan selesai.

2. Pinjam via Shopee PayLater

Cara pinjam uang di aplikasi DANA juga dapat dilakukan lewat Shopee PayLater, yang cenderung lebih efektif dan terbukti berhasil. Jangan khawatir, yuk simak langkah-langkah pinjam uang di DANA lewat Shopee PayLater di bawah ini:

  • Bukalah aplikasi DANA.
  • Pilihlah menu profil dan salin nomor HP akun DANA kalian.
  • Bukalah aplikasi Shopee.
  • Ketikkan kata kunci top up DANA.
  • Pilihlah jasa top up DANA lalu masukkan nominal.
  • Klik bayar lalu pilih metode pembayaran dengan Shopeepay Later.
  • Masukkan nomor HP kalian pada bagian komentar.
  • Tunggulah sampai proses disetujui dan saldo akan dikirimkan ke akun DANA kalian.

Nah, itulah tadi beberapa informasi penting yang bisa kami sampaikan mengenai cara pinjam uang di aplikasi DANA. 

Bagaimana menurut kalian, apakah kalian tertarik untuk meminjam uang di DANA melalui bagikan link URL ke media sosial atau melalui e-commerce seperti Shopee PayLater dan Bukalapak?


Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

DANA dari bank apa?

Melansir dari pernyataan resminya, DANA diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (“EDIK”) yang merupakan pemegang lisensi resmi dan telah memperoleh izin Uang Elektronik, Dompet Elektronik, Transfer Dana, dan Layanan Keuangan Digital (LKD) dari Bank Indonesia.

Berapa maksimum saldo DANA?

– Pengguna DANA Premium: limit transaksi di akun DANA adalah Rp20.000.000 dan maksimal uang masuk setiap bulannya sebesar Rp40.000.000.
– Pengguna DANA Non Premium: limit transaksi di akun DANA adalah Rp2.000.000 dan maksimal uang masuk setiap bulannya sebesar Rp20.000.000.

Kenapa DANA saya tidak ada Paylater?

Melansir dari pernyataan resminya pada 9 Desember 2022, fitur DANA Paylater masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk semua pengguna DANA melainkan baru tersedia untuk beberapa pengguna.

Apakah DANA ada biaya bulanan?

Tidak ada biaya bulanan untuk menggunakan dan menyimpan uang di DANA (Gratis). Namun, untuk setiap transaksi dari DANA ke bank lain, dikenakan biaya admin sebesar Rp4.500.

Oleh: Detty Risetya

Kabar Terkait