Cara Ganti Nama Akun DANA Premium, Basic dan Akun Bisnis

Jika data kamu valid dan lengkap sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku, tentunya akan lebih efektif mencegah kegagalan cara ganti nama akun DANA. 

Oleh: Detty Risetya
cara ganti nama akun DANA

Sangat penting untuk mengetahui cara ganti nama akun DANA. Sebab, terkadang masih banyak pengguna yang memakai nama profil berbeda dari aslinya. Padahal, ini merupakan salah satu kesalahan besar. 

Jika nama profil berbeda dari KTP, maka sulit bagi tim DANA untuk melakukan verifikasi data yang valid dan sah sesuai identitas diri. 

Terlebih lagi, saat ini pengguna akun Dana Premium masih belum bisa mengganti nama sendiri dari aplikasi. 

Kamu perlu mengajukan permohonan penggantian nama pada pihak Customer Service DANA. Serta, melakukan langkah pengajuan ke menu Pusat Bantuan di laman profil Saya. 

Bagaimana langkah demi langkah cara ganti nama akun DANA selengkapnya? Langsung, kita bahas di artikel berikut, yuk!

Apakah Ada Cara Mudah Ganti Nama Akun DANA? 

Mungkin kamu sempat bertanya, apakah ada cara ganti nama akun DANA yang tercepat dan termudah? Pastinya ada, namun semua membutuhkan syarat dan melengkapi ketentuan yang berlaku. 

Apalagi, jika akun DANA kalian terhubung dengan Lazada, Bukalapak dan e-commerce lainnya tentunya data harus sesuai semuanya dan benar-benar valid. 

Jika data kamu valid dan lengkap sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku, tentunya akan lebih efektif mencegah kegagalan cara ganti nama akun DANA. 

Apakah 1 KTP Bisa Dipakai Lebih Dari 1 Akun DANA? 

Sebagai pengguna yang terdaftar secara sah, pengguna DANA khususnya DANA Bisnis, wajib melengkapi data sesuai KTP atau kartu identitas diri. 

Akan tetapi, satu kartu identitas diri atau KTP hanya bisa dipakai untuk satu akun DANA saja.

Saat ini, terdapat dua cara ganti nama akun DANA yang bisa dilakukan, sebenarnya kesalahan penggunaan username terjadi sebab sebelumnya pengguna belum upgrade ke DANA premium

Sebab setelah upgrade, bisa dipastikan jika nama profil nantinya menyesuaikan dengan identitas diri yang sudah dimasukkan.

Lantas, bagaimana cara ganti nama akun DANA yang benar?  Apa saja syarat dan ketentuan yang perlu dilengkapi agar prosesnya lancar? Jawabannya, simak ulasan di bawah ini!

Syarat ganti nama akun DANA

Saat ingin ganti nama akun di aplikasi DANA, tentunya kalian perlu melengkapi beberapa syarat dan ketentuan berikut:

  1. Akun belum upgrade ke DANA Premium.
  2. Siapkan KTP.
  3. Memiliki koneksi internet yang lancar.

Cara ganti nama akun DANA Premium, Basic dan Bisnis

Ada 2 cara ganti nama akun DANA yang bisa dilakukan, simak baik-baik ya caranya di bawah ini:

1. Upgrade Ke Akun DANA Premium

Saat pertama kali mengunduh aplikasi DANA, kalian akan mendapatkan akun standar. Nama di profil akun ini dapat kalian ganti sesuai dengan keinginan.

Cara ganti nama akun DANA yang belum premium ini mudah yakni hanya perlu masuk ke menu “Saya”, kemudian klik “Ubah Nama” dan gantilah nama sesuai dengan keinginan dan klik simpan.

Tapi, pastinya nama yang sesuai dengan identitas diri asli ini lebih disarankan. Apalagi sebab aplikasi DANA digunakan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan secara online.

Cara ganti nama akun DANA yakni dengan mengubah atau upgrade akun standar menjadi akun premium.

Syarat ketika upgrade ke akun DANA Premium yakni KTP yang masih berlaku dan juga foto selfie. 

  • Pertama, bukalah aplikasi DANA lalu masuk ke menu akun atau profil. Kemudian, pilih upgrade akun premium DANA.
  • Isilah semua data yang dibutuhkan sesuai dengan KTP. Lalu, lakukan verifikasi wajah dengan foto selfie. Selanjutnya, akun kalian akan diproses upgrade ke akun DANA premium.
  • Saat upgrade sudah selesai, secara otomatis nama profil di akun DANA kalian akan mengikuti nama asli yang tertera di KTP.

2. Ganti Nama Akun DANA Basic

Mudah saja untuk ganti nama kamu di akun Basic. Ikuti langkah berikut: 

  • Login ke menu Saya
  • Tap Ubah Nama
  • Sesuaikan namamu yang dikehendaki
  • Tap Simpan

3. Ganti Nama Akun DANA Bisnis

Tak jauh beda dengan cara ganti nama akun Basic, berikut cara ganti nama akun DANA Bisnis:

  • Setelah login DANA, pilih menu Profil.
  • Tap menu DANA Bisnis.
  • Tap Ubah nama.
  • Sesuaikan dengan nama yang dikehendaki.
  • Tap konfirmasi >> Submit>> SImpan.
  • Proses selesai.

Cara Ganti Nama Akun DANA via Call Center DANA

Selain cara pertama, cara kedua ini juga dapat dilakukan ketika mengganti nama akun DANA. Cara kedua bisa dilakukan apabila nama akun DANA tak bisa diganti padahal telah melakukan upgrade ke akun DANA premium.

Untuk kalian pengguna dari DANA premium yang ingin ganti nama akun DANA, tak hanya dengan mengajukan pada halaman Pusat Bantuan di halaman profil juga dapat mengirimkan email ke pihak DANA pada alamat [email protected].

Berikutnya, tuliskan “Ganti Nama DANA Premium” sebagai subjek dan isikan surat berupa permohonan pengajuan ganti nama akun DANA Premium serta menuliskan nama asal (nama awal) dan nama ganti.

Lalu kalian akan mendapat balasan dari pihak DANA yang kemudian dimintai persyaratan dari pengajuan ganti nama DANA Premium tersebut. 

Kalian dapat membalas pesan dari DANA dan juga mengirim kembali persyaratan yang disebutkan dari email tersebut.

Jika kalian ingin menghubungi secara langsung supaya lebih cepat, silakan hubungi Call Center DANA lewat nomor telepon 0804-1500-445. 

Kalian dapat langsung menelepon ataupun mengirimkan pesan singkat atau pesan WhatsApp ke nomor ini. 

Pihak Call Center nantinya akan segera langsung membantu kalian menyelesaikan masalah ganti nama akun DANA.

Upgrade akun DANA agar bisa ganti nama

Setelah melihat kedua cara ganti nama akun DANA di atas, bisa ditarik kesimpulan jika caranya hanya dapat dilakukan jika pengguna belum upgrade ke akun DANA Premium. 

Karena, tiap akun yang sudah di upgrade ke akun DANA premium maka secara otomatis nama pengguna nantinya mengikuti data yang telah dimasukkan.

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang cara ganti nama akun DANA melalui aplikasi langsung dan juga melalui call center DANA dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Dengan adanya informasi di atas semoga dapat membantu kalian yang sedang kebingungan untuk mencari cara ganti nama akun DANA.

Oleh: Detty Risetya

Kabar Terkait