Cek Keyboard Laptop dengan 3 Metode Termudah Berikut

Memeriksa keyboard laptop berfungsi dengan baik atau tidak bisa dilakukan dengan 3 cara, online tester, pengaturan layout dan cek driver-nya

Oleh: Rendy Andriyanto
cara cek keyboard laptop

Melakukan pengecekan pada tombol keyboard laptop lebih dari sekadar menekan-nekan tombol saat di notepad dan memeriksa apakah output yang tampil sesuai dengan apa yang diketik. Terutama saat ada banyak tombol yang tidak berfungsi dengan baik.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk memverifikasi keyboard laptop dengan lebih baik. Berikut ini langkah-langkah yang kami maksud.

Gunakan Keyboard Tester Online

Pertama-tama, kamu bisa cek keyboard laptop dengan software online bernama keyboard tester yang diakses melalui browser (tanpa instal). Berikut caranya:

  1. Masuk ke website Keyboard Tester (klik disini). Lalu, klik tombol Launch the Tester.
masuk ke keyboard tester online
  1. Mulailah uji coba semua tombol keyboard kamu di dalam kolom yang disediakan.
cek keyboard laptop disini

Perhatikan, ketika kamu menekan salah satu tombol, tampilan di dalam software itu akan berubah jadi warna kuning, ketika tombol itu kamu lepas, warnanya akan berubah menjadi hijau. Ini tandanya, tombol itu berfungsi dengan baik.

Tapi, ketika kamu tidak menekan apapun tapi ada beberapa tampilan tombol yang berubah warna menjadi kuning dan hijau secara tiba-tiba (disertai berkedip), maka bisa dipastikan tombol itu rusak.

Cobalah untuk membersihkan ruang-ruang kecil di bawah tombol fisik keyboard kamu untuk memastikannya tidak terhalang oleh debu ataupun kotoran lainnya. Kemudian, lakukan pengujian ulang menggunakan software tadi.

Cek Pengaturan Bahasa dan Layout

Tahukah kamu, pengaturan bahasa dan layout di laptop Windows akan mempengaruhi output yang akan ditampilkan ketika kamu mengetik sesuatu.

Pengaturan ini seharusnya tetap berisi dengan English (United States) yang ada di menu pengaturan Language.

lihat pengaturan bahasa dan layout

Mungkin kamu tidak merasa mengubah pengaturan apapun pada bahasa dan layout ini. Tapi, sebenarnya pengaturan ini bisa terubah dengan kombinasi tombol (tergantung merk laptop) sehingga perubahannya kadang kita lakukan tanpa kita sadari.

Cek Status Driver Keyboard

Driver ibarat software yang wajib dipasang agar semua hardware laptop dapat berjalan. Suatu waktu, driver bisa usang (expired) atau rusak, yang mana tentunya akan membuat hardwarenya berhenti berjalan.

Satu hardware biasanya menggunakan satu driver. Ini bisa kamu cek melalui Device Manager.

  1. Masuklah ke device manager dengan cara klik tombol Windows > cari kata device manager.
  2. Cari dan buka bagian menu Keyboards. Pastikan tidak ada tanda seru (warning) pada bagian driver bernama Standar PS/2 Keyboard.
  3. Jika ada tanda seru atau tanda download pada driver tersebut, maka lakukan klik kanan kemudian pilih Scan hardware for changes.

Jika semua pengecekan ini sudah kamu lakukan dan butuh cara untuk mengatasi keyboard yang rusak, klik disini untuk membacanya.

Kabar Terkait