Cara Menghapus Akun Tokopedia, Prosesnya Gampang Disetujui

Kamu hanya perlu mengikuti syarat, ketentuan, dan tahap demi tahap agar proses penutupan akun Tokopedia berhasil dengan sangat mudah

Oleh: Detty Risetya
cara menghapus akun tokopedia

Apakah kamu ingin tahu bagaimana cara menghapus akun Tokopedia? Gampang banget! Tetapi, kamu hanya bisa melakukannya melalui aplikasi atau Tokopedia mobile. 

Jadi, pastikan kamu masih menginstal aplikasi marketplace ini sebelum mengeksekusi proses penghapusan akun.

Pahami ini sebelum menerapkan cara menghapus akun Tokopedia

Ada beberapa hal yang harus kamu mengerti sebelum benar-benar meninggalkan Tokopedia. Ini bisa menjadi pertimbangan yang penting karena sebagiannya merupakan syarat dan ketentuan dari sistem marketplace tersebut.

1. Pastikan sudah tidak ada transaksi yang tersisa

Ingin hapus akun tapi masih memiliki transaksi yang sedang berjalan? Itu tidak mungkin dilakukan, usahamu pasti tertolak oleh sistem.

Bagaimana dengan tanggungan cicilan? Mungkin saja ada yang pernah berpikir untuk hilang dari Tokopedia setelah menggunakan fitur paylater agar tidak terjebak hutang lagi. Jika betul demikian, urungkan segera niat tersebut karena pasti gagal.

Sistem tidak membenarkan kamu untuk menggunakan cara menghapus akun Tokopedia ketika sedang memiliki tanggungan, baik transaksi yang sedang berjalan maupun cicilan paylater.

2. Email atau nomor yang telah dinonaktifkan tidak bisa dipakai kembali

Tokopedia tidak memperbolehkan pengguna yang telah menonaktifkan email atau nomor untuk menggunakannya kembali. Kamu tidak dimungkinkan mengaktifkan akun tersebut atau bahkan membikin akun lain dengan nomor atau email yang sama.

Pada dasarnya, email atau nomor yang sudah kamu hapus dari database tidak diterima kembali oleh Tokopedia. Artinya jika suatu hari nanti kamu berubah pikiran dan ingin membuat akun Tokopedia lagi, harus memakai email atau nomor yang sama sekali berbeda.

Jika kamu merasa peraturan ini agak memberatkan, sebaiknya pikirkan secara serius apakah mau menutup akun atau tidak. Lagi pula tidak aktif di Tokopedia bisa dengan cara berhenti membuka aplikasinya untuk sementara waktu alih-alih langsung menerapkan cara menghapus akun Tokopedia, pikirkanlah!

3. Jangan sisakan saldo apapun

Apakah itu saldo Tokopedia, emas, atau bahkan reksa dana, pastikan kamu telah mencairkan semuanya sebelum menghapus akun. Pasalnya, akun yang telah dinonaktifkan tidak bisa diaktifkan kembali sehingga saldo tersisa bisa saja lenyap.

Tarik semua saldo Tokopedia maupun investasi yang kamu miliki agar proses penghapusan berjalan lancar. Barulah setelah saldo menjadi nol kamu boleh mulai menonaktifkan akunmu.

4. Jaga keamanan akun selama menggunakannya

Meskipun pada akhirnya kamu boleh jadi memutuskan untuk menghapus akun Tokopedia, tetapi alangkah baiknya mengetahui kiat-kiat penjagaannya selama masih menjadi pengguna. Cara ini bisa menghindarkan akun kamu terkena hack atau disalahgunakan oleh pihak lain.

Pertama, pastikan untuk selalu merahasiakan kode OTP dari siapapun tanpa terkecuali. Jangan berikan kode kamu kepada pihak lain, termasuk yang mengaku-ngaku sebagai pihak Tokopedia.

Kedua, lakukan pergantian password secara rutin agar keamanannya semakin terjaga. Bikin kombinasi yang sulit ditebak alih-alih mengandalkan tanggal lahir semata. Hindari pula pemakaian kata sandi yang sama di banyak platform berbeda.

Cara menghapus akun Tokopedia

Cara menghapus akun Tokopedia sesungguhnya sangat simpel. Kamu hanya perlu mengikuti langkah demi langkah sesuai instruksi di bawah ini.

1. Penuhi syarat dan ketentuan penutupan akun

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya bahwa setidaknya ada tiga hal penting yang harus dipahami sebelum menutup akun Tokopedia. Kamu wajib memenuhi syarat dan ketentuan tersebut di atas agar bisa menutup akun tanpa kendala yang berarti.

Apakah itu tidak memiliki tanggungan transaksi yang tersisa, tidak menyisakan saldo apa pun, atau tidak mencoba mengaktifkan kembali nomor dan email yang sudah dihapus. Jika syarat dan ketentuan ini telah terpenuhi, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

2. Tutup akun

Masuklah ke menu Akun Saya lalu klik opsi Ubah Profil yang berbentuk seperti pena. Biasanya ikon ini terletak di pojok kanan atas layar, di bawah garis tiga yang bersusun. Selanjutnya, geser layar HP ke bawah sampai kamu melihat tombol Tutup Akun.

Klik Tutup Akun agar proses penghapusan segera diproses. Ada tiga syarat agar tahap ini tidak terhambat yakni tidak ada saldo apa pun, tidak ada tanggungan cicilan, dan tidak ada transaksi yang sedang berjalan.

Apabila kamu melanggar salah satunya, sistem akan menampilkan keterangan Belum Terpenuhi pada bar syarat tutup akun yang wajib dipenuhi.

3. Jelaskan alasan penutupan akun

Sudah tidak ada lagi syarat yang terlewatkan? Tentukan alasan apa yang mendasari penutupan akun kemudian klik Lanjut. Tunggu hingga muncul penjelasan tentang hal yang akan terjadi jika tutup akun, di sini perlu kamu baca dengan saksama.

Sudah yakin akan menutup akun secara permanen? Klik tombol Tutup Akun Sekarang, lalu akhiri dengan mengeklik Ya, Tutup Akun sebagai bentuk konfirmasi lanjutan. Selanjutnya sistem akan meminta PIN Tokopedia atau kode OTP bila kamu tidak memilikinya.

4. Masukkan kode OTP

Input PIN Tokopedia atau kode OTP tersebut tanpa membuat kesalahan sebagai konfirmasi tahap akhir dalam proses penghapusan akun. Setelah itu, akan muncul keterangan Akun kamu berhasil ditutup yang menandakan proses penghapusan telah selesai.

Perlu diketahui, bagi kamu pemilik toko maka hanya dimungkinkan untuk menutup akun secara sementara bukan permanen. Tokopedia menyediakan fitur Libur dan Toko Tutup Sementara demi memfasilitasi rehat atas toko online kamu.

Namun, saat kamu menutup akun yang dipakai untuk membuat toko maka secara otomatis toko tertutup pula. Penutupan ini bersifat permanen sehingga tidak dapat diaktifkan kembali.

Cara menghapus akun Tokopedia betul-betul gampang, kan? Kamu hanya perlu mengikuti syarat, ketentuan, dan tahap demi tahap agar proses penutupan berhasil. Apabila terdapat kendala selama prosesnya, jangan ragu untuk menghubungi customer care Tokopedia.

Kabar Terkait