7 Aplikasi Perekam Layar untuk Bikin Konten Game di Youtube

Di beberapa aplikasi perekam layar berikut ini juga ada fitur editor video, sehingga kalian dapat mengeditnya secara langsung.

Oleh: Detty Risetya
aplikasi perekam layar

Sekarang semua smartphone sudah dibekali aplikasi perekam layar bawaan dari masing-masing device. Namun, masih banyak juga smartphone yang tak mempunyai fitur ini. Inilah mengapa kalian perlu download aplikasi perekam layar dari pihak ketiga.

Nah sekarang apa saja aplikasi perekam layar yang bisa kalian install? Jangan khawatir, berikut kami akan berikan ulasannya di artikel ini.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar

Untuk daftar aplikasi perekam layar kalian bisa rekomendasi di bawah ini, ya.

1. Mobizen

Aplikasi perekam layar ini pertama kali rilis pada 9 Mei 2012 dan telah berhasil meraih lebih dari 100 juta download pada Google Play Store. Nah kalian dapat merekam layar dengan format Full HD, untuk resolusi tertinggi yang ada yakni 1080p, kecepatannya 12 Mbps dan mempunyai frame rate 60 fps.

Menariknya lagi, terdapat fitur FaceCam yang dapat merekam ekspresi wajah sembari merekam layar kalian di saat bersamaan. Fitur Mobizen tentu sangat cocok untuk digunakan oleh para gamers. 

Tak hanya itu, kalian juga dapat merekam layar tanpa adanya batas waktu dan tak diganggu dengan adanya watermark. Dari fiturnya inilah yang membuat Mobizen menjadi Best App 2016 dari Google.

2. Screen Recorder & Video Recorder by InShot Inc

Kalian dapat mengunduh aplikasi Screen Recorder and Video Recorder yang dirilis oleh pengembang InShot Inc. Pengembangnya sudah membuat puluhan aplikasi yang akan mempermudah hidup kita. Contohnya, Video Editor, WhatsApp Sticker Maker, Music Editor, Story Editor for Instagram, sampai Story Saver.

Dengan aplikasi perekam layar ini, kalian dapat merekam layar tanpa adanya batas waktu dan tak ada watermark yang akan mengganggu. 

Tak hanya itu, kalian tak perlu melakukan rooting ketika menjalankan aplikasi perekam layar ini. Kalian juga dapat ekspor video dengan format Full HD yakni 1080p dan frame rate 60fps sehingga membuat cuplikan rekaman layar dapat terlihat dengan jelas.

3. AZ Screen Recorder

Sekarang ada AZ Screen Recorder, aplikasi perekam layar ini pertama kali dirilis pada 11 November 2014 dan telah berhasil meraih lebih dari 10 juta download pada Google Play Store. Sama halnya dengan 2 aplikasi sebelumnya, kalian dapat merekam layar tanpa adanya batas waktu, tanpa perlu proses rooting, tanpa adanya watermark hingga gangguan iklan.

Tak hanya itu, aplikasi perekam layar ini dapat melakukan jeda kemudian mulai merekam lagi. Jadi, kalian tak perlu repot untuk mengeditnya di aplikasi editor. 

Kalian juga dapat menghitung waktu mundur, memilih resolusi video, merekam suara dari mikrofon, memilih frame rate sampai bit rate, menampilkan teks atau logo hingga memberi efek time lapse dan slow motion.

4. Apowersoft Screen Recorder

Nah aplikasi perekam layar ini wajib kalian miliki, yakni Apowersoft Screen Recorder. Aplikasi perekam layar ini dirilis pada 31 Desember 2015 dan sudah berhasil meraih lebih dari 1 juta download pada Google Play Store. 

Apowersoft Screen Recorder dapat merekam layar dengan audio sehingga membuat ini cocok jika digunakan dalam gaming ataupun video tutorial.

Tak hanya itu, kalian dapat menambahkan ekspresi wajah kalian dengan kamera depan. Kalian juga dapat akses tombol start, stop, dan pause dengan mudah.

Kalian dapat memotong video jika terdapat bagian yang tak penting dan hanya buang-buang waktu. Kemudian, kalian dapat langsung membagikan video tangkap layar kalian ke sosial media.

5. Super Screen Recorder

Ada juga Super Screen Recorder, aplikasi perekam layar yang dipublikasi pada 18 November 2015 dan sudah berhasil meraih lebih dari 10 juta download pada Google Play Store. Yang terbaru, aplikasi perekam layar ini menawarkan FaceCam dengan rasio 1:1 guna merekam reaksi wajah kalian dan juga merekam layar di waktu yang bersamaan.

Kalian dapat menambahkan teks, logo dan dapat mengambil screenshot ketika layar sedang direkam. Sayangnya, aplikasi ini tak mempunyai dukungan guna merekam suara internal di device. Supaya bisa menyalakan screen recorder, tekanlah tombol biru, berikan izin pada aplikasi kemudian klik tombol biru lagi guna mulai merekam.

6. AppSmartz

Ada aplikasi AppSmartz yang dirilis pada 7 Maret 2017 dan telah berhasil meraih 10 juta download pada Google Play Store. Kalian dapat merekam layar dan menambahkan video ekspresi wajah kalian melalui kamera depan

Aplikasi ini tak butuh data atau internet supaya bisa menjalankannya. Seluruh video yang dihasilkan akan tersimpan secara lokal pada memori internal ataupun eksternal di device. 

Kalian dapat menggunakan aplikasi perekam layar ini guna merekam game yang kalian mainkan, membuat video tutorial sampai merekam panggilan video.

7. Fenix Recorder

Terakhir ada aplikasi perekam layar Fenix Recorder yang gratis, stabil dan berkualitas tinggi sehingga membuat kalian dapat merekam video layar yang halus.

Kalian dapat merekam layar tanpa perlu rooting dan tak ada batas waktu rekaman. Video yang dihasilkan mempunyai resolusi 1080p, frame rate 60fps dan kecepatan 12 Mbps.

Di aplikasi ini juga ada fitur editor video, sehingga kalian dapat mengeditnya secara langsung setelah merekam layar usai. Fenix Recorder dapat membantu kalian dalam merekam video call, video game, live video dan sebagainya.

Kalian juga dapat menjeda kemudian melanjutkan rekaman kembali. Bagaimana aplikasi perekam layar yang dipublikasikan 11 Oktober 2019 ini ternyata lengkap, bukan?

Kabar Terkait