10 Aplikasi Matematika untuk Bantu Belajar Rumus, Wajib Download!

Kali ini sudah terangkum 10 aplikasi matematika yang bermanfaat untuk membantu dalam mengerjakan soal matematika yang sulit

Oleh: Detty Risetya
aplikasi matematika

Pelajar atau mahasiswa bisa menggunakan aplikasi matematika untuk belajar rumus. Matematika menjadi salah satu bidang studi yang banyak orang masih susah memahaminya. 

Tak jarang soal matematika sulit ditemukan pada soal ulangan atau kuis yang membuat kalian pusing mengerjakannya. Salah satu hal yang membuat matematika terasa sulit yaitu banyaknya rumus yang harus dipahami oleh pelajar ataupun masyarakat pada umumnya.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang aplikasi matematika sudah hadir untuk menjawab, mengerjakan sampai memberikan jawaban dari soal yang sulit.

Jenis-jenis aplikasi matematika yang membantu belajar

Nah kali ini sudah terangkum 10 aplikasi matematika yang bisa bermanfaat untuk membantu kalian dalam menjawab ataupun mengerjakan soal matematika yang sulit, antara lain di bawah ini.

1. Photomath 

Apakah kalian ingin mengerjakan soal matematika dengan praktis dan cepat? Jika iya, jawabannya kalian bisa download Photomath. Supaya soal terjawab, kalian hanya perlu mengambil foto dari soal tersebut dari kamera handphone dengan aplikasi matematika ini.

Kemudian aplikasi Photomath akan menjawab soal matematika dengan cepat. Kelebihan lain dari Photomath yakni dapat digunakan secara offline dan ada pula beberapa topik matematika dasar yang dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami.

2. MalMath

Saat kesulitan mengerjakan soal-soal matematika, solusinya yaitu kalian download aplikasi Malmath. Aplikasi matematika ini ada pada Android dan sangat cocok untuk siswa SMA sampai mahasiswa.

Aplikasi MalMath ini dapat menjawab soal-soal matematika seperti logaritma, integral, trigonometri, derivatif, sampai aljabar. Tak hanya itu, MalMath juga lengkap dengan cara pengerjaan soal sehingga pengguna bisa memahami proses bagaimana soal terjawab. 

3. MathWay

Untuk sebagian orang, menjawab soal-soal matematika menjadi hal yang sulit. Untuk itu, solusinya yakni dengan download aplikasi matematika contohnya MathWay.

Lewat MathWay, kalian hanya perlu melakukan scan soal pada aplikasi kemudian aplikasi akan dengan cepat menjawabnya. Hal menarik dari MathWay lainnya yakni tampilannya sederhana, sehingga kalian dapat lebih praktis dalam mencari fitur-fitur pada MathWay. 

Di aplikasinya, Mathway nanti akan menjawab dimulai dari soal matematika yang termudah hingga tersulit. Kalian hanya tinggal masukkan soal matematika, lalu Mathway akan segera memberikan jawaban yang lengkap dengan cara penyelesaian soalnya.

4. AutoMath

Layaknya aplikasi mengerjakan matematika sebelumnya, AutoMath ini juga dapat memberikan jawaban soal hanya dengan cara foto soal matematikanya. Tak hanya itu, disini juga ada lebih dari 250 rumus yang dapat dipelajari. 

Dengan seperti, kalian dapat mengerjakan berbagai soal matematika dimulai dari perkalian, aljabar, akar persamaan, pembagian, sampai algoritma dasar.

5. Cymath

Sekarang kalian tak perlu pusing lagi ketika mengerjakan PR matematika. Karena sudah hadir Cymath yang dapat menjadi teman kalian dalam menyelesaikan berbagai jenis soal matematika. 

Lewat aplikasi matematika ini, kalian hanya perlu scan soal melalui kamera smartphone kemudian Cymath akan segera memberikan jawaban dari soal-soal yang kalian upload. 

Jangan khawatir tentang akurasi jawaban, sebab aplikasi ini didukung oleh teknologi yang tinggi sehingga membuat jawabannya pasti akurat.

6. Socratic

Google juga merilis aplikasi matematika yang bisa menjawab hingga menjelaskan soal yang sulit dipahami. Tak hanya rumus-rumus saja, namun Socratic juga lengkap dengan gambar sehingga kalian dapat lebih memahaminya. 

Hal yang membuat Socratic semakin menarik yakni ada pula berbagai materi pelajaran lain contohnya biologi, fisika, sejarah, hingga sastra. Jadi sangat cocok untuk kalian yang sedang belajar online di masa sekarang.

7. Symbolab

Symbolab menjadi alternatif terbaik dalam mendapatkan jawaban dari soal matematika, dengan cara yang cepat dan mudah dimengerti. Aplikasi matematika ini tak hanya memberikan jawaban dari soal saja, namun juga memberikan proses pengerjaannya. 

Tak hanya itu Symbolab dapat dijadikan menjadi kalkulator dengan berbagai rumus yang lengkap, seperti kalkulator integral, kalkulator matriks, kalkulator derivatif, dan sebagainya.

8. Microsoft Math Solver 

Supaya bisa mendapatkan jawaban dari aplikasi Microsoft Math Solver, kalian dapat tuliskan soal pada aplikasi atau bisa dengan mengambil foto soal melalui kamera HP. Kemudian aplikasi matematika ini akan segera memberikan jawaban dan ulasan dengan cepat dan pastinya mudah dipahami. 

Aplikasi Microsoft Math Solver ini dapat mengerjakan berbagai topik contohnya pengurangan, penambahan, pembagian, kalkulus, aritmatika, trigonometri, aljabar sampai statistik. Jadi, aplikasi matematika ini cocok untuk semua kalangan pengguna.

9. Qanda 

Aplikasi Qanda ini dapat memberikan jawaban soal matematika secara rinci. Dengan begitu kalian yang awalnya tak paham dengan rumus-rumus tertentu pada matematika, nanti dapat lebih paham setelah mendapatkan penjelasan jawaban dari aplikasi ini. 

Qanda juga klaim jika proses pencarian jawaban ini cukup berlangsung selama 5 detik saja, waktu yang cepat, bukan? Selain itu, Qanda juga memberikan dukungan chat dengan para guru profesional yang dapat menjelaskan jawaban dari soal matematika sulit yang kalian sedang hadapi.

10. Gauthmath

Terakhir ada aplikasi yang membuat kalian seolah-olah memiliki guru les pribadi yakni aplikasi Gauthmath. Sebab aplikasi matematika ini bisa membantu kalian dalam mengerjakan PR matematika, cukup dengan memindai soal yang terdapat di kertas.

Kemudian tutor ataupun pengajar yang terdapat pada Gauthmath segera menjawab pertanyaan pada tugas tersebut. Supaya lebih memahami, tutor juga memberikan penjelasan tentang jawaban soal tadi, dan fitur tutor Gauthmath ini gratis.

Itulah kesepuluh aplikasi matematika yang ada pada smartphone yang dapat menjadi teman kalian dalam menjawab atau mengerjakan soal matematika yang sulit.

Kabar Terkait